Penjelasan Berbagai Kata/Script Bahasa Program Part 1

Bahasa program merupakan bahasa yang berfungsi untuk menjalankan perintah yang diberikan sesuai dengan kode-kode tersendiri(yang biasa/sering disebut dengan keahlian koding/pemograman).Tiap-tiap bahasa program memiliki ciri khas, fungsi, dan penulisan kode-kode yang berbeda serta tag/penanda yang dapat berbeda-beda pula. Bahasa program termasuk bahasa yang memiliki peringkat peminat tertinggi dari antara bahasa-bahasa lain.Hal ini terjadi karena bahasa program memiliki keunikan tersendiri yang dapat membuat peminatnya merasa bangga karena telah menguasai bahasa program tersebut.Orang yang telah menguasai bahasa program dapat melakukan berbagai hal menarik termasuk membuat aplikasi, membuat website, dan juga melakukan kejahatan( :D , mudah-mudahan jangan ya).

Nah, agar dapat melakukan tahap itu, anda harus terlebih dahulu mengetahui, mempelajari dan menguasai bahasa program tersebut.Dalam hal ini juga, anda harus mengetahui pengertian dan penjelasan dari setiap kata-kata script bahasa program tersebut.Ok lah kalau begitu, langsung saja kita bahasa.


  1. Layout : Merupakan arti dari tata letak, tata letak tersebut berguna untuk mengatur letak suatu konten atau isi yang ada didalam suatu Layout.Dan juga guna dari "Layout" atau tata letak tersebut adalah agar kita dapat mengatur letak suatu konten secara rapi dan sesuai keinginan kit.

  2. LinearLayout : Merupakan script yang menampilkan layout baru, sesuai dengan namanya "Linear" berarti layout yang akan dibuat tersebut isinya akan berurutan.Urutan tersebut dapat diatur secara horizontal maupun vertical, dengan cara menambahkan script orientasi kedalamnya(kescript LinearLayout tersebut).(android:orientation="vertical") untuk konten yang didalamnya agar berurut secara vertical/tegak lurus, dan script (android:orientation="horizontal") untuk konten yang didalamnya agar berurut secara horizontal/mendatar.Misalkan begini, anda sudah membuat layout baru yaitu LinearLayout, kemudian anda ingin mengatur agar isi atau konten yang ada didalam LinearLayout tersebut(misalkan isinya adalah 3 tombol) secara vertikal, maka anda tambahkan script(android:orientation="vertical"), begitu juga dengan horizontal, anda harus menambahkan script (android:orientation="horizontal") kescript LinearLayout.Berikut screenshot hasilnya:

  3. RelativeLayout : Merupakan script yang akan menampilkan layout baru juga, sesuai dengan namanya "Relative" berarti konten yang ada didalamnya dapat diatur sesuka hati, dengan cara menambahkan script "layout_alignParent" kescript konten yang didalamnya(bukan ke script RelativeLayout). Misalkan begini, anda telah membuat layout baru yaitu RelativeLayout, kemudian anda juga membuat 3 tombol sebagai isi atau konten dari RelativeLayout tetsebut.Misalkan anda ingin tombol 1 berada di atas, maka ada tambahkan script ini ke script tombol 1 (android:layout_alignParentTop="true"), dan anda ingin membuat tombol 2 berada disebelah kanan, maka anda tambahkan script ini ke script tombol 2 (android:layout_alignParentRight="true"), dan jika anda ingin membuat tombol 3 berada dibawah, maka anda tambahkan script ini ke script tombol 3 (android:layout_alignParentBottom="true").Nah berikut screenshot hasilnya:

  4. layout_width : Merupakan script yang akan membuat/mengatur lebar dari suatu konten(contoh tombol, text, gambar) dan juga suatu "Layout", agar script ini berhasil/tampak kegunaannya anda harus memasukkannya ke script " Layoutnya"(contoh: LinearLayout, RelativeLayout, dll) ataupun kekonten yang ingin diatur lebarnya.Untuk format ukurannya anda dapat menggunakan formar: dp, dan px.

  5. layout_height : Merupakan script yang akan mengatur tinggi suatu konten maupun Layout.Ini juga harus ditaruh di scipt Layout atau konten.Untuk format ukurannya biasanya: dp, dan px.

  6. fill_parent : merupakan ukuran yang digunakan bila suatu konten atau layout ingin memenuhi panjang maupun lebar layar.Dan juga jika suatu konten(misalnya gambar) dibuat sebagai isi dari "LinearLayout", dan jika anda membuat ukuran(panjang dan lebar) konten tersebut sebagai "fill_parent" , maka ukuran dari gambar tersebut akan sama dengan ukuran dari "LinearLayout" yang sebagai tempatnya tersebut.

  7. wrap_content : merupakan ukuran yang digunakan pada suatu Layout maupun konten, sesuai dengan ukuran yang digunakan konten/isi didalamnya.Misalnya "LinearLayout" memiliki isi yaitu "Button" (tombol) dan lebar dari tombol tersebut adalah 100dp , maka secara otomatis lebar dari "LinearLayout" tersebut adalah 100dp , jika anda membuat lebar "LinearLayout" tersebut wrap_content.

  8. layout_margin : menurut saya margin merupakan script yang berguna untuk memotong suatu ukuran dari konten atau Layout.Ukurannya formatnya biasanya: dp, dan px. 

  9. layout_below : Ini berguna untuk mengatur suatu konten maupun Layout agar berada dibawah konten yang diinginkan, penggunaan ini harus memakai id.Misalnya begini, anda ingin membuat suatu tombol(misalkan tombol 2) berada di bawah tombol1. Maka pertama anda harus id ditombol 1, kemudian anda masukkan script ini (android:layout_below="@id/idtombolpertama"). Maka tombol kedua akan berada tepat dibawah tombol pertama.

  10. id : berfungsi untuk membuat tanda(sebagai penanda) suatu konten maupun layout.Tanda tersebut berguna sebagai penempatan maupun pemanggil konten yang diberi id tersebut.

  11. Button : Sesuai dengan namanya, script ini berguna untuk memunculkan atau membuat tombol.Tombol dapat dimasukkan text atau kata-kata(contoh anda ingin membuat tombol exit, agar lebih menarik anda dapat membuat text ditombol tersebut), dan juga dapat pula dimasukkan gambar agar lebih menarik.

  12. ToggleButton : Ini juga script yang akan membuat tombol, tetapi tombol ini cenderung digunakan untuk fungsi "show-hide" atau "tampilkan-sembunyikan".Saat ditekan maka muncul text mati/hidup dan saat ditekan kembali akan muncul juga text mati/hidup di tombol tersebut.

  13. Switch : Ini juga dapat disebut sebagai tombol, dan fungsinya juga hampir sama dengan "ToggleButton" yaitu untuk "show-hide" atau "tampilkan-sembunyikan", tetapi gayanya berbeda, jika "ToggleButton" ditekan maka akan muncul off/on, jika tombol "Switch" ditekan maka akan ada tampilan bergeser pada tombol switch yang bisa berarti on/off. Tombol ini banyak terdapat di pengaturan.

  14. CheckBox : CheckBox merupakan script yang akan menampilkan tombol yang jika ditekan akan terceklis dan ditekan lagi akan tidak terceklis.Tombol ini banyak ditemukan saat ingin menandai beberapa file yang ingin dikirim, dihapus, dipindahkan, disalin, dan lain-lain.

  15. SeekBar : Ini merupakan script yang akan membuat sesuatu yang digeser secara manual, ini ditemukan saat menyetel volume.

  16. TextView : Script ini berguna untuk menampilkan suatu text.

  17. textSize : script ini berguna untuk membuat ukuran suatu text yang ditampilkan, ukuran tersebut dapat menggunakan format dp, sp, maupun px.Script ini harus dimasukkan pada script "TextView".

  18. textColor : Merupakan script yang akan membuat warna suatu text, dan juga script ini harus dimasukkan kedalam script "TextView".

  19. textStyle : Ini berfungsi untuk mengatur gaya dari suatu text, gaya tersebut ada 4 yaitu: bold, normal, italic, dan juga bold|italic.

  20. ImageView : Script ini berguna untuk menampilkan suatu gambar.Untuk pengaturan ukurannya anda dapat memasukkan script "layout_width" dan juga script "layout_height".


Tunggu artikel selanjutnya ya :D.

Trima Kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya dari blog ini.

0 Response to "Penjelasan Berbagai Kata/Script Bahasa Program Part 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel